HAPPYMOM

Resep tradisional…untuk batuk….panas dalam

Posted on: October 13, 2008

Anak-anak balita paling sering kena penyakit batuk-pilek, tapi yang urusan batuk pilek aja ga selesai-selesai dan bikin mumet…karena udah sembuh ntar kambuh lagi….daripada ke dokter…ngabisin uang dan sakit kepala karena biasanya kambuh lagi…coba dulu obat-obat tradisional….karena gampang dicari dan gampang untuk membuatnya……

1.Bunga belimbing : ambil bunga belimbing wulung/sayur (bunganya berwarna merah), cuci bersih lalu taruh di mangkuk dikukus dengan satu sendok makan air dan sedikit gula batu. Kukus kurang lebih 10 menit, air dari bunga tersebut di berikan ke si anak, selain rasanya manis (seperti fanta) juga berkhasiat…berikan 2 kali sehari selama 3 hari….

2. Kencur juga berkhasiat untuk batuk : kencur sebesar jempol, cuci bersih lalu parut, di beri sedikit air hangat dan madu….lalu diminumkan ke anak yang batuk

3. Lobak….ini buat batuk panas, biasanya batuk yang bandel…..: 1 buah lobak, parut halus….taruh di mangkok dengan sedikit gula batu, lalu kukus…biarkan selama 10 menit, airnya hangat-hangat berikan ke si kecil yang sedang batuk.

Panas dalam : si kecil juga sering terkena panas dalam, oleh karena itu sebaiknya banyak-banyak minum air putih, terkadang sudah minum air putih segalon juga tapi tetap panas dalam…coba deh obat tradisional di bawah ini :

1. Buah labu air : masak buah labu air secukupnya (dikupas dulu yah) di potong kotak, dengan air secukupnya dengan sedikit garam dan sedikit gula batu. Buah diberikan sebagai makanan selingan…..berguna untuk panas dalam.

2. Alang-alang : seikat daun alang-alang cuci bersih, lalu masak dengan air sekitar 1 s/d 1,5 liter air dengan gula batu secukupnya….airnya dapat diminum kapan saja…tapi hati-hati buat orang dewasa jangan kebanyakan karena rasanya enak…hati-hati kencing manis loh.

3. Liang teh : ramuan teh ini juga dapat di beli di toko obat cina, terdiri dari berbagai tanaman yang bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam. Cuci bersih…lalu dimasak dengan air (1,5 l) dengan gula batu secukupnya….rasanya nikmat…dapat juga diminum dingin-dingin (dari kulkas).

4. Lo han ku0 : buah ini dapat dibeli di toko obat cina, ada yang berupa buah atau juga sudah bentuk sachet, tetapi sebaiknya dalam bentuk buah. Cuci bersih…lalu rendam dengan air matang mendidih, biarkan beberapa saat sampai dengan air berubah seperti teh….jangan diberi gula, karena rasanya sudah manis….dapat diminum oleh tua dan muda yang sedang panas dalam.

5. Daun sirih : buat yang sariawan dan kulit gatal-gatal, sirih amat berguna. Kalau sariawan, daun sirih dimasak dengan air secukupnya lalu dibuat kumur-kumur. Sedangkan gatal-gatal, masak daun sirih dengan air lalu ditambah air sehingga hangat…di siramkan ke badan yang gatal…..

Selamat mencoba…..tentu saja makan 4 sehat 5 sempurna dan menjaga kebersihan akan membuat anak kita tumbuh sehat….

About these ads

1 Response to "Resep tradisional…untuk batuk….panas dalam"

kayaknya sih emang panas dalam bisa bikin mimisan,,,dan juga biasanya anak kecil pembuluh darah hidungnya halus…jd suka mimisan…tapi kalo udah gede biasanya nanti udah ga lagi….
coba kasih vitamin c aja…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • vivivita: aduh baru sempet baca ini koment....yah...ga bisa pergi waktu itu...buku lagi dicetak ulang...nanti kalo ada aku info ya..tx grace...
  • Grace Lidwina Kusnadi: congrats Vi... sesama taxi mom.. demi anak ya... juga kalo aku karena pernah ngalamin ditodong di angkot.. walaupun saat itu ga ada yg hilang - krn ke
  • vivivita: thx mia....iya belajar terus setiap hari ya...

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: